AKTIVITAS LITERASI (BACA TULIS) DI KALANGAN MAHASISWA UNM

RENDAHNYA AKTIVITAS LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA UNM
Aktivitas literasi atau aktivitas baca tulis di UNM menurut saya masih rendah, khususnya fakultas tempat saya belajar yaitu FMIPA pada prodi pendidikan biologi. Saya masih mampu bercerita atau berkomentar tentang jurusan saya, karena saya baru lima bulan menjalani status kemahasiswaan saya, sehingga aktivitas saya di Universitas masih seputar FMIPA saja. Saat saya berada di perpustakaan jurusan, maka kondisi yang seharusnya saya lihat adalah kondisi yang tenang, para tamu sedang membaca, menulis, mengerjakan tugas, namun pada kenyataanya yang saya lihat adalah sebaliknya, perpustakaan dijadikan tempat reuni para senior, bergosip, online (FB, twitter, game), ngadem (beristirahat mencari ruangan berAC), dan tidur, sedang mereka yang benar ingin membaca lebih senang meminjam buku dan keluar ruangan mencari tempat yang lebih tenang. Buku-buku di perpustakan jurusan juga masih sangat terbatas, dan mayoritas buku-buku disana adalah buku-buku lama yang membuat pembaca kurang tertarik membacanya, ruangan yang sempit juga menjadi kendala para tamu, ketika jumlah tamu telah mencapai jumlah 15 orang, maka tempat untuk duduk dan berjalan mencari buku sudah sangat sulit. Rendahnya aktvitas literasi juga dapat dilihat rendahnya minat mahasiswa mengikuti diskusi atau kajian-kajian intelek yang diadakan oleh lembaga-lembaga yang ada di kampus. Salah satu faktornya adalah untuk jurusan FMIPA ini disebabkan karena laporan-laporan yang terlalu banyak menyita waktu dan tenaga mahasiswa, sehigga mereka lebih mengutamakan laporan mereka ketimbang mengikuti kegiatan-kegiatan literasi yag saya perlebar menjadi baca, tulis, diskusi, dan kajian. Tingginya plagiatisme (copy paste), rendahnya penghargaan atas tulisan-tulisan mahasiswa, kurangnya dijumpai produk baca (buku) karya mahasiswa UNM di toko buku dan perpustakaan-perpustakaan kampus juga menjadi cerminan rendahnya budaya literasi dikalangan mahasiswa UNM.
Individu mahasiswanya harus menanamkan motivasi tinggi dalam dirinya untuk selanjutnya kegiatan literasi menjadi kebiasaan mereka. mencari tempat diluar jia tidak mendapatkannya di dalam dunia kampus UNM. Penjaga perpustakaan harusnya mempertegas aturan  dalam perpustkaan, kondisi perpustakaan betul-betul dijadikan tepat yang kondusif sebagai aktivitas literasi (baca tulis). Lembaga kampus menunjukkan aktivitas literasinya dan terbuka bagi kalangan mahasiswa, sehingga mahasiswa yang sedang mencari atau pun mereka yang tidak tertarik sebelumnya menjadi tertarik karena melihat aktivitas literasi itu ternyata baik. Rektor beserta jajarannya memberikan apresiasi yang besar terhadap aktivitas literasi serta penghargaan terhadapat tulisan-tulisan untuk diterbitkan. Pengolahan dana kampus untuk membuat tempat-tempat diskusi di halaman kampus, revitalisasi buku-buku perpustakaan, serta perluasan perpustakaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr.wb

Salam bahagia untukmu kawan :)


Nelumbo nucifera

LOTUS

LOTUS

Blogger news

Takalar Blogger Community

"berjalan"

"berjalan"
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
doakan menjadi perempuan yang amanah dengan tanggung jawabnya, menjadi pembelajar sejati, dan terus berproses hingga kesempurnaan. doakan lotus!